23 Juli 2009

Apa Itu Twitter?

Nama twitter merupakan gabungan dari kata ‘chatter’ dan ‘tweeting’, sebenarnya sudah tepat menggambarkan apa arti Twitter. Namun sulit untuk dijelaskan dengan kata-kata. Setelah kita tercatat pada suatu situs web Twitter, kita bisa melakukan dua hal. Pertama, kita bisa mencari seseorang, untuk membaca pesan-pesannya. Dengan ini, kita bisa mengikuti apa yang sedang dilakukan oleh orang tersebut. Dalam hal ini, menurut terminologi Twitter, kita sedang menjadi ‘pengikut’. Kedua, kita sendiri bisa mengirim pesan. Dan pesan ini bisa dibaca orang lain. Dua hal tersebut, bisa kita lakukan sekaligus. Dalam hal itu, berarti terjadi pembicaraan.

Dalam salah satu situs web mereka (http://www.twitter.com) tertulis: “Twitter adalah suatu pelayanan bagi teman-teman, keluarga, dan rekan sekerja, untuk saling berkomunikasi dan tetap dalam keadaan tersambung langsung, melalui pertukaran pertanyaan singkat secara cepat. Misalnya: Apa kabar?”
Orang sudah lama bisa melakukan hal tersebut, membicarakan berbagai pengalaman hidup sehari-hari melalui weblog. Bedanya, pesan Twitter langsung muncul pada monitor komputer. Untuk melihatnya, orang tidak perlu khusus membuka suatu situs web tertentu.

Pesan yang dikirim, tidak boleh lebih dari 140 huruf atau karakter. Jumlah huruf tersebut, adalah panjang rata-rata kalimat percakapan biasa. Huruf-huruf tersebut disebut ‘tweets’, dan muncul di monitor komputer, atau sebagai pesan singkat pada telepon genggam. Kecepatannya sama dengan sistem pengiriman pesan singkat, seperti MSN.

Twitter (microblogging) tidak hanya dapat diakses dari situsnya, tetapi bisa juga dari layanan instant messaging seperti Google Talk, RSS, email, serta layanan sms notifikasi dua arah untuk operator telepon seluler dan terintegrasi baik dengan situs semacam Facebook. Tweeting merupakan bentuk citizen journalism dari running text yang biasa muncul di bawah layar stasiun TV. Kecepatan informasi adalah ujung tombak unique selling point yang dimiliki oleh Twitter.

Informasi mengenai twitter dapat diakses melalui situs-situs berikut :
1. Twitter Vision. Representasi visual pengguna Twitter yang terakhir melakukan tweeting
2. Tweeter Board. Statistik pengguna twitter dunia, juga dapat melihat statistik dalam menggunakan twitter
3. TweetStats. Statistik pengguna twitter. Statistik dapat direpresentasikan dalam jam, hari, minggu dan data lainnya
4. Twitter FactBlog. Informasi mengenai perkembangan twitter
Contoh-contoh Twitter


Artikel Terkait



1 komentar:

  1. Oh itu toh Twitter...coba buat ah...

    BalasHapus

Terima Kasih atas kunjungan anda ke blog ini.
Jangan lupa untuk memberikan komentar ya^^

Segala Sesuatu Yang Unik dan Menarik di Kehidupan Ini!
Lirik M-1ST - Only One Lyric Indonesia Lirik M1st Berita IT Terbaru 2011, Artikel Teknologi dan Komputer Bahasa Indonesia, Info Gadget Baru dan Unik, Tips dan Trik, Kabar Teknik Informatika
© 2008-2011 by Irvan Zhang, All Rights Reserved