22 April 2009

KISI-KISI SOFTWARE ENGINEERING (REKAYASA PIRANTI LUNAK)

SUMBER

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1617225&page=1


LINK UNTUK DOWNLOAD SLIDE RPL INDO:

http://www.kitaupload.com/download.p...21RPL indo.rar


LINK UNTUK DOWNLOAD WORDNYA(GAMBAR):

http://www.kitaupload.com/download.php?file=377rploy.doc


KISI-KISI :

Pertemuan 1-13..tapi 14 baca2 aja…

PG 20 -> 40%

Essay 40 -> 60%


1. Karakteristik Software

2. Jenis-Jenis Software

3. Software sebagai sebuah proses

4. Jenis-jenis proses model

5. Agile

6. Transformation, transaction

7. Mapping

8. Kohesi, Kopling, Fan in, Fan Out


Karakteristik software:

- Bersifat logic

- Tidak pernah rusak

- Direkayasa atau bukan dipabrikasi

- Tidak dirakit

- Kompleks karena tidak bisa disamaratakan atau dibuat sesuai tuntutan masing-masing

-Kurva failure:absolut atau tetap


Jenis-jenis software

7 Cakupan rekayasa software

1. System Software

Sekumpulan program yang ditulis untuk melayani program lain. Termasuk di dalamnya operating system, file management and editor, serta utilities.


2. Real Time Software

Software yang memonitor, menganalisa, dan mengendalikan kejadian-kejadian dunia nyata. Memiliki komponen pengumpulan data, analisis, dan pengendali.


3. Business Software

Semua software yang dibuat untuk kepentingan bisnis.


4. Engineering and Scientific Software

Mempunyai karakteristik algoritmanya lebih banyak berisi rumus-rumus perhitungan matematis.


5. Embedded Software

Software yang harus dapat ditanam dalam ROM, dan biasanya digunakan untuk mengendalikan produk sehingga tercapai kepuasan pelanggan.


6. Personal Computer Software

Software yang dirancang untuk komputer PC.


7. Artificial Intelligence Software

Software AI mempunyai ciri khas menggunakan algoritma non-numerik untuk memecahkan masalah-masalah yang rumit yang tidak bisa ditangani dengan komputas biasa (analisis langsung).Bidang AI yang dengan cepat berkembang antara lain : Expert System (Sistem Pakar), Pattern Recognizer (Pengenalan Pola), Theorem Proofing (Pembuktian Teori), serta Game Playing.


Software sebagai sebuah proses

ProsesSoftware

Sekumpulan aktifitas terstruktur yang dibutuhkan untuk mengembangkan sistem software

o Spesifikasi

o Desain

o Validasi

o Evolusi


Model proses software adalah representasiabstrak dari proses. Merupakan gambaran dari proses dari beberapa perspektif tertentu.


Model ProsesSoftware Generik

Model waterfall

o Membagi dan membedakan fase spesifikasi dan pengembangan


Pengembangan Evolusioner

o Spesifikasi dan pengembangan terpisah


Pengembangan sistem Formal

o Model sistem matematis yang secara formal diterjemahkan ke dalam implementasi


Pengembangan Reuse-based

o Sistem dibangun dari komponen yang sudah ada


Pendekatan Pengembangan SoftWare

Pendekatan Pengembangan Sistem

Terdapat beberapa pendekatan untuk mengembangkan sistem yaitu:


Dipandang dari metodologi yang digunakan:

PendekatanKlasik (Classical Approach)

mengembangkan sistem dengan mengikuti tahapan-tahapan di system life cycle.


Pendekatan Terstruktur (Structured Approach)

menyediakan sistem tambahan berupa alat-alat dan teknik-teknik untuk mengembangkan sistem disamping tetap mengikuti ide dari system life cycle.


Dipandang dari sasaran yang dicapai:

Pendekatan Sepotong (Piecerneal Approach)

Merupakan pendekatan pengembangan sistem yang menekankan pada suatu kegiatan atau aplikasi tertentu saja, tanpa memperhatikan posisi dan sasaran keseluruhan organisasi.


Pendekatan Sistem (Systems Approach)

memperhatikan sistem informasi sebagai satu kesatuan terintegrasi untuk masing-masing kegiatan atau aplikasinya


Jenis-jenis proses model (yg kira2 keluar) :

Waterfall model

Incremental model

RAD model

Evolutionary model : prototyping

Evolutionary model : spiral

Evolutionary model : concrument


Apakah yang dimaksud “Agility”?

  • Respon Efektif (cepat dan adaptif) pada Perubahan
  • Komunikasi Efektif terhadap semua stakeholders
  • Melibatkan konsumen pada tim
  • Mengorganisasi sebuah tim sehingga kinerjanya dapat dikendalikan


Menghasilkan

  • PL yang secara cepat dan bertahap disajikan

Agile Modeling

  • Diusulkan oleh Scott Ambler
  • Menyarankan prinsip2x agile modeling
  • Model dengan sebuah tujuan
  • Menggunakan banyak model
  • Isi lebih penting dari representasi
  • Mengetahui model dan tool yang digunakan untuk membuatnya
  • Beradaptasi secara lokal

Transformation, transaction


Mapping

Transformation mapping :


Transaction mapping :


Bentuk Soal: Pilihan Ganda 20 soal 40 %
Essay 3 soal 30 %
Kasus 1 soal 30 %


Point:
Design Engineering
Pendekatan Pengembangan software
Kasus analisis pelajari di Tugas offclass 2


Tugas ofc2
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan disain software dan apa saja yang dibahas pada disain tersebut ? Bagaimana prinsip disaian yang baik ?

Jawab :

Prinsip-prinsip desain :

  • Proses desain tidak boleh berjalan dengan “kacamata kuda”
  • Proses desain harus bisa dirujuk dari model analisis.
  • Proses desain tidak boleh mengulang penemuan-penemuan dasar.
  • Desain harus dapat meminimalkan jarak intelektual antara PL dan permasalah yang ada di dunia nyata.
  • Desain harus menampakkan keseragaman dan integrasi.
  • Desain harus terstruktur untuk mengakomodasi perubahan.
  • Desain harus terstruktur untuk turun secara bertahap, walaupun ketika data, event, atau kondisi operasi yang menyimpang ditemui.
  • Desain bukan coding dan coding bukan desain.
  • Desain harus dapat dipantau kualitasnya mulai dari dia dibuat, bukan setelah jadi.
  • Desain harus direview untuk meminimalkan kesalahan semantik (konseptual).


2. Apa yang dimaksud dengan transform analysis , transaction center, incoming flow, dan outgoing flow ? dapat memberikan contoh gambarnya


3. Bagaimana cara mentransform ke disain mapping, jelaskan konsep tersebut ?

Jawab:

1.pemetaan transformasi

langkah-langkah:

a. Kajilah model sistem fundamental

b. Kajilah dan saringlah diagram aliran data untuk perangkat lunak tsb

c. Tentukan apakah dfd memiliki karakteristik aliran transormasi dan transaksi

d. isolasi pusat transformasi dengan mengkhususkan batas aliran masuk dan keluar

e. lakukan pemfaktoran tingkat pertama

f. lakukan pemfaktoran tingkat ke 2

g. saringlah struktur program iterasi pertama dengan menggunakan heuristik desain bagi kualitas perangkat lunak yang telah di tingkatkan


2. Pemetaan Transaksi

Langkah-Langkah:

a. Kajilah model sistem fundamental

b. Kajilah dan saringlah diagram aliran data untuk perangkat lunak tsb

c. Tentukan apakah dfd memiliki karakteristik aliran transormasi dan transaksi

d. Identifikasi pusat transaksi dan karakteristik aliran sepanjang masing2 jalur aksi

e. Petakan dfd pada sebuah struktur program yang sesuai dengan pemrosesan transaksi

f. Faktorkan dan saringlah struktut transaksi dan struktur masing2 jalur aksi

g. Saring struktur program iterasi pertama dengan menggunakan heuristik desain untuk kualitas perangkta lunak yg dikembangkan


4. Apa yang dimaksud Fan In , Fan Out, Cohesion, Coupling dalam rancangan modul

Jawab:

Fan in adalah banyaknya data yg masuk

Fan out adalah banyaknya data yg keluar

Cohesion adalah sebuah modul yg menjalankan satu dan hanya satu fungsi

Coupling adalah sebuah modul yg berhubungan dengan modul lain di dalam suatu sistem


Keadaan Umum
Perpustakaan STMIK JAYA semakin berkembang seiring dengan waktu, kegiatan transaksi Peminjaman semakin bertambah sejalan dengan jumlah mahasiswa dan Dosen semakin banyak., sedangkan sistem pelayanan masih dilakukan secara manual sehingga sering kali ditemui masalah terjadi kesalahan informasi, kelambatan dalam memberikan pelayan kepada mahasiswa, apalagi sekolah ini bergerak dalam bidang komputer maka sangat membutuhkan dukungan informasi sebagai salah satu sumber daya organisasi, oleh karena itu Pimpinan STMIK JAYA merasa perlu untuk membangun sistem Informasi Perpustakaan yang integrited. Sistem perpustakaan melakukan transaksi mulai dari pendaftaran anggota dengan membuatkan kartu anggota, Peminajaman dengan menunjukkan kartu angota dan menseken kartu anggota dan buku yang dipinjam dari barcode di label katalog buku, pengembalian juga dilakukan dengan menseken buku yang dipinjam untuk mengetahui batas waktu pengembalian buku dan perhitungan denda, pencatatan buku baru dalam catalog, dan system akses secara online yang dapat dilakukan dari tempat user masing-masing. dan semua transaksi yang ada hubungannya dengan Sistem Perpustakaan yang modern

Keadaan Khusus
Anda dianggap sebagai seorang analis sistem dari suatu perusahaan Software house ditugasi pimpinan untuk mengadakan survey pendahuluan dengan sekala prioritas pada sistem Peminjaman dan pengembalian buku, sistem pemesanan buku dan denda keterlambatan ke mahasiswa. Anda diminta untuk menyiapkan laporan analisis dan disain sistem informasi perpustakaan secara umum, dengan mengikuti kondisi sebagai berikut:

Soal :
Anda diminta untuk menganalisis dan merancang system mulai dari :
a. Analisa kebutuhan informasi user, dari tiap-tiap user
b. Pihak-pihak yang terlibat baik staf dan pimpinan yang terlibat dalam system perpustakaan
c. Buat DFD dari Diagram Konteks, Diagram Nol, Diagram rinci 1, 2 dst.
d. Buat diagram use case untuk menggambarkan sistem
e. Rancang ERD berdasarkan obyek (entiti set) yang ada dan cardinalitynya.
f. Tentukan kebutuhan fasilitas apa saja yang diperlukan dalam mendukung system perpustakaan baik Hardware dan Software.






Artikel Terkait



6 komentar:

  1. nice blog, keep creative . . .
    dunno what to say, but overall, it's entertain enough . . . .
    heheheh

    ^_^

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. kok download slide indona gak bisa?

    BalasHapus

Terima Kasih atas kunjungan anda ke blog ini.
Jangan lupa untuk memberikan komentar ya^^

Segala Sesuatu Yang Unik dan Menarik di Kehidupan Ini!
Lirik M-1ST - Only One Lyric Indonesia Lirik M1st Berita IT Terbaru 2011, Artikel Teknologi dan Komputer Bahasa Indonesia, Info Gadget Baru dan Unik, Tips dan Trik, Kabar Teknik Informatika
© 2008-2011 by Irvan Zhang, All Rights Reserved