19 Juni 2009

"Opera Unite" Web Browser Terbaru dari Opera!

Kemarin, Opera telah mengenalkan produk terbarunya yang saat ini masuk dalam Opera labs dengan nama Opera Unite. Opera Unite merupakan web browser yang telah dilengkapi dengan kemampuan yang menjadikan komputer penggunanya sebagai server. Dalam kemasan Opera labs release yang sudah dapat didownload dan dicoba,Opera Unite dilengkapi layanan Web Server untuk mempublikasikan web langsung dari komputer pengguna, File Sharing untuk berbagi file yang tersimpan di komputer, Fridge yang merupakan aplikasi yang memungkinan pengakses meninggalkan pesan, Media Player, Photo Sharing, dan The Lounge yang merupakan aplikasi untuk chatting. Tambahan fitur tersebut kabarnya akan menjadi bagian dari Opera 10 mendatang.

Dengan adanya layanan dalam Opera Unite tersebut, komputer yang digunakan dapat dijadikan sebagai server yaitu penyedia layanan yang dipilih untuk diaktifkan yang dapat diakses oleh pengguna internet. Contohnya, dengan mengaktifkan fitur Media Player, pengguna komputer dapat memilih direktori yang berisi file-file musik untuk kemudian dipublikasikan tanpa terlebih dulu mengupload ke server lain. Nantinya dalam pengaturan layanan ini akan mendapatkan alamat internet untuk mengaksesnya. Kemudian, pengguna seperti teman yang diberitahu alamat tersebut akan dapat mengakses dan memainkan langsung lagu-lagu yang tersedia.



klik pada gambar untuk memperbesar gambar


Untuk setiap layanan yang akan diaktifkan, akan diberikan alamat (URL) yang digunakan agar dapat diakses dari internet. URL inilah yang nantinya dibagi atau diinformasikan kepada siapa yang dapat mengakses layanan ini. Di sini, terdapat pula pengaturan bagaimana layanan tersebut dapat diakses, apakah setiap orang langsung dapat mengaksesnya (Public), terbatas dengan cara mengeset password aksesnya (Limited), atau hanya untuk dapat diakses sendiri (Private).

Yang perlu diperhatikan adalah bahwa setiap akses yang dilakukan akan langsung dihubungkan ke komputer yang menjalankan layanan dari Opera Unite ini, sehingga agar dapat diakses maka komputer harus dalam keadaan hidup dan terkoneksi dengan internet.

Sumber: maseko.com

Artikel Terkait



1 komentar:

Terima Kasih atas kunjungan anda ke blog ini.
Jangan lupa untuk memberikan komentar ya^^

Segala Sesuatu Yang Unik dan Menarik di Kehidupan Ini!
Lirik M-1ST - Only One Lyric Indonesia Lirik M1st Berita IT Terbaru 2011, Artikel Teknologi dan Komputer Bahasa Indonesia, Info Gadget Baru dan Unik, Tips dan Trik, Kabar Teknik Informatika
© 2008-2011 by Irvan Zhang, All Rights Reserved