16 Mei 2009

Alcohol 52% Free Edition




Mungkin Anda pernah mendapati suatu program komputer yang hanya bisa dijalankan jika CD atau DVD program tersebut dimasukkan dalam CD rom-nya. Cara tersebut mungkin Anda anggap tidak praktis, karena selain harus selalu menyiapkan CD program tersebut, kemungkinan CD tersebut lecet atau rusak juga semakin besar. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat menggunakan program CD emulator yang dengannya isi CD dapat disimpan sebagai file dalam komputer dan ketika akan menjalankan program tersebut, file yang tersimpan tersebut diemulasikan sebagai CD drive. Salah satu program CD emulator yang dapat Anda gunakan secara gratis adalah Alcohol 52% Free Edition.

Alcohol 52% Free Edition merupakan software emulator CD dari Alcohol Soft yang juga mengembangkan Alcohol 120% dan Alcohol 52% yang memang tidak gratis. Dibandingkan ALcohol 120%, Alcohol 52% tidak mempunyai kemampuan untuk mem-burning file ke media CD/DVD, tetapi jika memang akan digunakan sebagai CD emulator, saya rasa Alcohol 52% Free Edition sudah cukup. Jika dibandingkan dengan Alcohol 52% yang komersial, Alcohol 52% Free Edition terbatas hanya dapat membuat 6 virtual drive, sedang fitur lainnya sama.

Untuk mulai membuat virtual CD drive dari CD/DVD yang Anda miliki, Anda dapat menggunakan Image Making Wizard, yang dari proses ini isi CD akan disimpan sebagai satu image file dengan format yang dapat Anda pilih, apakah Standar ISO file (.iso), Media Descriptor Image file (.mds), CloneCD Image file (.ccd), atau CDRWIN Image file (.cue). Dari file inilah nantinya akan dibuatkan virtual CD drive yang dibaca komputer seperti CD drive sebenarnya.

Selain dari image file yang dibuat dari CD/DVD, Alcohol 52% Free Edition juga dapat digunakan untuk mebaca dan mengemulasikan virtiual drive dari berbagai format image file yang sudah ada dalam komputer yangs selain format di atas juga dapat membaca beberapa format image file lain termasuk Nero (.nrg).

Download Alcohol 52% Free Edition

Sumber:

http://maseko.com/2009/05/15/alcohol-52-free-edition/#more-2045

Artikel Terkait



1 komentar:

Terima Kasih atas kunjungan anda ke blog ini.
Jangan lupa untuk memberikan komentar ya^^

Segala Sesuatu Yang Unik dan Menarik di Kehidupan Ini!
Lirik M-1ST - Only One Lyric Indonesia Lirik M1st Berita IT Terbaru 2011, Artikel Teknologi dan Komputer Bahasa Indonesia, Info Gadget Baru dan Unik, Tips dan Trik, Kabar Teknik Informatika
© 2008-2011 by Irvan Zhang, All Rights Reserved